}

Rabu, 17 Juli 2013

Pengantar Komputasi Cloud

Pendahuluan
Komputasi awan atau cloud computing  merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembagan berbasis internet. Maksud dari ‘cloud computing’ itu sendiri adalah penggunaan sumber daya komputasi (hardware dan software) yang diwujudkan dalam bentuk layanan yang bisa diakses melalui jaringan (biasanya internet). Asal kata cloud atau awan ini adalah penggambaran dari internet. 

Komputasi Grid
Komputasi grid adalah teknologi yang sedang berkembang yang memungkinkan pemakaian secara bersama berbagai macam sumber daya yang tersebar dan dikelola oleh organisasi yang berbeda. 
Kelebihan dari Grid Computing ini seperti akses lebih cepat dan lebih besar, perkalian sumber daya, akses terhadap sumber data global dan penelitian lebih baik. Di samping itu, Grid Computing juga memiliki kekurangan yaitu terbatasnya sumber daya manusia yang dapat menggunakan atau mengelola Grid Computing tersebut.

Virtualisasi
Virtualisasi adalah pembuatan sebuah teknik atau virtual dari sesuatu yg bersifat fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain berinteraksi misalnya sumber data atau sumber daya jaringan. 

Komputasi Terdistribusi dalam Cloud Computing
Komputasi terdistribusi yang di maksud di sini adalah suatu teknik yang dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam cloud computing. Komputasi terdistribusi adalah konsep menggunakan sistem terdistribusi terdiri dari banyak node diatur sendiri untuk memecahkan masalah yang sangat besar atau yang biasanya sulit untuk diselesaikan dengan satu komputer. Jadi, masalah yang besar akan di proses ke banyak komputer kemudian proses tersebut dipecahkan sehingga mendapatkan solusi-solusi yang lebih kecil apabila sudah didapatkan maka disatukan kembali dalam satu solusi yang besar dan terintegrasi. Komputasi terdistribusi adalah konsep menggunakan sistem terdistribusi terdiri dari banyak node diatur sendiri untuk memecahkan masalah yang sangat besar atau yang biasanya sulit untuk diselesaikan dengan satu komputer

Map Reduce dan NoSQL (Not Only SQL)
MapReduce yang berkaitan dengan cloud computing ini merupakan sebuah model pemrograman untuk melakukan pemrosesan data (biasa dipakai di komputer terdistribusi). Map-Reduce merupakan sebuah konsep teknis yang sangat penting di dalam teknologi cloud seperti dapat membantu programmer membuat aplikasi cloud computing.
NoSQL atau singkatan dari Not Only SQL ini adalah tipe database yang sangat jauh berbeda dengan konsep RDBMS ataupun ODBMS. Perbedaan utamanya sendiri yaitu karena tidak mengenal istilah relation dan tidak menggunakan konsep schema. Dalam NoSQL, setiap tabel berdiri sendiri tanpa tergantung dengan tabel lainnya.


NoSQL Database
NoSQL Database adalah sistem menejemen database yang berbeda dari sistem menejemen database relasional yang klasik dalam beberapa hal. NoSQL ini  mungkin tidak membutuhkan skema table dan umumnya menghindari operasi join dan berkembang secara horisontal.
NoSql database itu sendiri sebenarnya adalah penyebutan untuk database yang tidak memiliki relasi. Jika database yg berelasi biasanya menggunakan Sql, maka NonSql ini menggunakan berbagai cara untuk menyimpan datanya.

http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan#cite_note-4
http://task-campus.blogspot.com/2013/04/pengantar-komputasi-cloud_12.html
http://hannareina.blogspot.com/2013_04_01_archive.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar