}

Rabu, 17 Juli 2013

Pengantar Quantum Computation

Kali ini saya akan membahas tentang Quantum Computation
Sebelum masuk ke pembahasan Quantum Computation, saya akan membahas Quantum Computer terlebih dahulu.
Apa itu Quantum Computer (Komputer Kuantum) ?
Quantum Computer merupakan alat yang digunakan untuk melakukan pergitungan yang menggunakan langsung dari kuantum mekanika fenomena, seperti superposisi dan belitan, untuk melakukan operasi pada data.

Lalu, bagaimana dengan Quantum Computation (Komputasi Kuantum) ?
Quantum Computation adalah suatu bidang studi yang difokuskan pada teknologi komputer berkembang berdasarkan prinsip-prinsip teori kuantum
Quantum Computation ini menjelaskan sifat dan perilaku energi dan materi pada kuantum (atom dan subatom). Pengembangan komputer kuantum sendiri akan menandai kemajuan yang pesat dalam kemampuan komputasi seperti sekarang memakai sempoa lalu memakai modern superkomputer.

Terdapat sebuah teori tentang unsur-unsur penting dari komputasi kuantum yang berisi 'sebuah operasi komputer klasik dengan beberapa prinsip kuantum mekanik'. Hal ini dikemukakan oleh Paul Benioff. Tetapi, kemudian secara umum David Deutsch dari Universitas Oxford memberikan dorongan penting dalam pelaksanaan penelitian komputer quantum ini. Hal ini bermula pada tahun 1984 dimana dia berada di dalam konferensi teori komputasi dan bertanya tentang kemungkinan untuk merancang sebuah komputer yang hanya berdasarkan teori kuantum.

Entanglement
Setelah kita mengetahui dasar dari Komputer Kuantum dan Komputasi Kuantum, lebih lanjut saya akan membahas tentang Entanglement.
Entanglement adalah efek mekanik kuantum yang mengaburkan jarak antara partikel individual sehingga sulit menggambarkan partikel tersebut terpisah meski kita berusaha memindahkan mereka yaitu dimana jika ada suatu partikel yang diberlakukan "X" maka partikel tersebut akan memberikan dampak "X" juga ke partikel lainnya.

Quantum Gates
Quantum Gates adalah sebuah gerbang kuantum yang berfungsi mengoperasikan bit yang terdiri dari 0 dan 1 menjadi qubits. Cara kerja Gerbang kuantum mirip dengan gerbang logika klasik. Gerbang logika klasik mengambil bit sebagai input, mengevaluasi dan memproses input dan menghasilkan bit baru sebagai output. Gerbang logika kuantum mengambil dalam qubit yang bisa eksis dalam keadaan superposisi, ini membuka dimensi baru seluruh kemungkinan solusi dan output

Algoritma Shor
Algoritma Shor adalah suatu teori dimana komputer juantum dapat memecahkan sebuah kode rahasia yang digunakan untuk mengamankan pengiriman data. Kode ini disebut kode RSA. Jika disandikan melalui kode RSA, data yang dikirimkan akan aman karena kode RSA tidak dapat dipecahkan dalam waktu yang singkat. Selain itu, pemecahan kode RSA membutuhkan kerja ribuan komputer secara paralel sehingga kerja pemecahan ini tidaklah efektif.


Referensi :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar